Home / Berita / WhatsApp Jadi Aplikasi Paling ‘Diharamkan’

WhatsApp Jadi Aplikasi Paling ‘Diharamkan’

index

Jakarta – Pemerintahan tiap negara punya aturan yang berbeda untuk aplikasi-aplikasi yang tersedia untuk smartphone.

Jika sebuah aplikasi dianggap melanggar, tentu akan diblokir di negara tersebut.

Dan WhatsApp ternyata jadi aplikasi yang paling banyak diblokir dalam hal ini. Tercatat ada 12 negara yang mengharamkan kehadiran layanan pengiriman pesan instan milik Facebook tersebut. Di bawah WhatsApp ada Facebook sendiri, yang diblokir di 8 negara.

Facebook juga tercatat sebagai jejaring yang penggunanya paling banyak ditangkap karena memposting konten politik, sosial atau agama yang dianggap melanggar aturan, demikian yang dikutip dari detikINET dari Business Insider.

Data ini dikeluarkan Freedom House dalam laporannya soal kebebasan berinternet.

Ini terbilang tren baru dalam hal pemblokiran, karena sebelumnya pemerintahan lebih sering menyensor jejaring media sosial seperti Facebook dan Twitter selama beberapa tahun terakhir.

Adapun kabar pemblokiran WhatsApp yang paling populer terjadi di Brasil. Pihak pemerintah Brasil mengharamkan penggunaan WhatsApp di wilayahnya lantaran layanan pesan instan ini menolak bekerjasama perihal penyelidikan kartel narkoba di negara tersebut.

Pihak berwenang kesulitan memburu para pelaku karena fitur enkripsi yang dimiliki WhatsApp. Polisi yakin ada petunjuk yang bisa diperoleh bila bisa mengetahui isi percakapan WhatsApp orang-orang yang diincar. Namun atas alasan privasi pengguna, pihak WhatsApp dianggap menolak membantu.
Dilansir dari detik.com

 

About pengelola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com