Home / Budaya / Tari Blenggo di Jakarta

Tari Blenggo di Jakarta

Tari_blenggoTari Blenggo memiliki pengertian yang sama dengan tari. Diblenggoin memiliki pengertian diiringi dengan tari. Adapula yang menyebut blenggo berasal dari kata lenggak-lenggok, suatu gerakan yang lazim dari sebuah tarian.

Tarian belenggo biasa ditarikan oleh para penari di tengah-tengah para pemain musik. Gerakan tari belenggo merupakan perpaduan antara tari dan silat yang lebih banyak menampilkan gerak langkah dan membungkuk. Gerak tari belenggo diambil dari gerak dasar pencak silat sehingga seorang penari belenggo juga harus menguasai ilmu pencak silat. Panjang atau pendeknya tari belenggo bergantung pada jurus-jurus yang dikuasai oleh sang penari, apabila ia menguasai jurus-jurus silat Cimande maka gerakan-gerakan tari yang akan ia tampilkan juga akan serba pendek tapi bila si penari menguasai silat Cikalong maka gerak tari yang akan ia peragakan juga panjang.

Penari tari belenggo adalah kaum pria.Umumnya penari belenggo akan berpakaian serba hitam seperti para pemain pencak silat. Tari belenggo yang diiringi lagu-lagu dari rebana biang disebut belenggo rebana dan tari belenggo yang diiringi gamelan ajeng disebut belenggo ajeng.

Sumber : www.jakartapedia.bpadjakarta.net

About Puspa Baresi

Announcer, Producer, Digital Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com