Home / Berita / Suropati Syndicate

Suropati Syndicate

Suropati Syndicate (SS) adalah sebuah lembaga kajian atau diskusi yang dibentuk di Jakarta 24 Mei 2017.
Apa saja yang melatar belakangi sehingga Suropaty Sindicate ini muncul ? Sekurang-kurangnya terdapat tiga alasan utama, yaitu :
Pertama, lembaga ini merupakan refleksi dari sejumlah persoalan sosial dan politik yang terus-menerus hadir. Banyaknya perbedaan karakter psikologis dan basis gagasan yang kini melahirkan aneka ragam percakapan sudah seharusnya segera dikonsolidasikan secara tertib dan rapih.
Kedua, para penggagas meyadari bahwa situasi demokrasi hari-hari ini masih sebatas pentas keriuhan dan kegaduhan. Oleh karena itu perlu adanya elemen-elemen atau eksponen gerakan kelembagaan untuk kembali menghidupkan cara-cara berdemokrasi yang produktif, menyenangkan dan menyegarkan.
Ketiga, pembentukan SS merupakan cita-cita kolektif. Artinya kehadiran Suropati Syndicate tidak lain bertujuan untuk memperkaya informasi, menjadi stimulan perubahan dan perpanjangan aspirasi sosial serta berupaya menumbuhkan solidaritas gerakan masyarakat yang massif dan tertata dengan baik.
Lebih dalam lagi, Suropati Syndicate (SS) merupakan kelompok diskusi yang berfokus pada beberapa isu sentral, seperti :
1. Politik
2. Korupsi
3. Kemiskinan
4. Pemilihan Umum
5. Hak asasi Manusia
6. Infrastruktur Pembangunan
7. Kesehatan
8. Keadilan
9. Hukum
10. Budaya
11. Ekonomi
Lalu, siapa aktor financial dibalik terbentuknya lembaga ini ?
Jawabannya : Tidak ada, bahwa Suropati Syndicate ini, dibentuk secara mandiri oleh beberapa orang. Tidak ada campur tangan ekonomi dari para konglomerat, pemodal, apalagi tokoh parpol. Tidak ada kontrak atau hutang-piutang politik apapun dengan siapapun dan pihak manapun. Maka dari itu SS bisa dikatakan sebagai lembaga yang independen dan tidak memiliki kanal-kanal kepentingan.
Lembaga ini memiliki visi yang jelas yakni sebagai tempat lalu lalang pikiran dan gagasan. Corak dari gerakan kelompok ini yaitu senantiasa menjadikan dialog sebagai jalan utama. Kegiatan maupun program-program yang dilaksanakan oleh Suropati Syndicate (SS) meliputi kegiatan bedah buku, diksusi rutinan, pengembangan media informasi dan publikasi serta advokasi dan pengorganisasian masyarakat.
Pada intinya, Suropati Syndicate merupakan wadah perkumpulan yang didedikasikan untuk kepentingan kemanusiaan, kemajuan peradaban, dan nilai-nilai keadilan. Segala bentuk usaha yang dilakukan oleh Suropati Syndicate merupakan ikhtiar untuk menyemai satu harapan publik bahwa masyarakat harus dibebaskan dari belenggu kejumudan, kepungan kebodohan, dan rantai-rantai ketertindasan dalam bentuk apapun.
Sumber : Fanpage Suropati Syndicate @s.syndicate17

About Puspa Baresi

Announcer, Producer, Digital Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com