Home / Wisata / Sungai Babatan Pedamaran

Sungai Babatan Pedamaran

sungai babatan pedamaranSalah satu kecamatan dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten OKI yaitu Kecamatan Pedamaran yang bisa dibilang juga kecamatan yang paling tua di Kabupaten OKI. Hal yang menarik di daerah ini adalah Sungai Babatan yang setiap harinya digunakan sebagai jalur tranportasi air yang menghubungkan antar kecamatan maupun kota lainnya. Sungai Babatan ini mengalir sampai ke Sungai Musi yang terletak di Kota Palembang.

Di sungai ini ada yang namanya rumah terapung (rakit) masyarakat yang kesehariannya hidup dalam kerajian/ kegiatan membuat kerupuk kemplang. Mulai dari yang bernilai 100% sampai nol %. Kerupuk kelempang ini sudah terkenal sampai kepelosok negeri yang ada di Indonesia bahkan ke luar negeri sekalipun.
Selain itu masyarakat pedamaran juga ada yang menangkap ikan secara tradisional, baik penangkap melalui jaring (pukat), jala (jalo), tajur, mancing, rawai dan jenis lainnya. Anak sungai dari Sungai Babatan ini juga cukup banyak sehingga setiap setahun sekali diadakan Lelang Lebak Lebung (L3) yang dilaksanakan dikantor kecamatan.
Berdasar keterangan yang dihimpun, pada tahun 70-an wilayah Pedamaran ini pernah menjadi penghasil ikan terbesar se-Indonesia. Pedamaran terkenal dengan kerajinan tikar purunnya yang sudah dilakukan turun temurun, maka kecamatan tersebut dikenal dengan Kota Tikar.
Bahan baku tesebut diambil dari tempat yang kebiasan masyarakat pedamaran memanggilnya lebak purun. tapi sekarang hal tesebut saat ini tinggal kenangan, sebab lebak (tempat) tersebut sudah ditumbuhi oleh kebun sawit.
Sumber : www.mypalembang.blogspot.co.id

About Puspa Nirwana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com