Home / Budaya / Sri Baduga Situ Buleud, Purwakarta

Sri Baduga Situ Buleud, Purwakarta

20160111173247-1-taman-sri-baduga-di-purwakarta-001-druAda yang menarik di balik megahnya air mancur Sri Baduga Maha Raja, yang terletak di taman kota Sri Baduga Situ Buleud, Purwakarta, Jawa Barat. Sosok itu ialah patung Sri Baduga, atau lebih dikenal dengan Prabu Siliwangi, dari kerajaan Sunda. Patung itu berdiri megah di tengah tengah air mancur terbesar se-Asia tenggara itu.

Bupati Dedi Mulyadi, orang yang menggagas berdirinya air mancur Sri Baduga Maharaja, menyebutkan alasan mengapa Prabu Siliwangi menjadi ikon termasuk penamaan air mancur tersebut.

Sri Baduga Maha Raja Prabu Siliwangi, adalah sosok raja yang membangun kepemimpinannya melalui nilai kasih sayang. Sehingga dalam memimpin kerajaan dia memiliki sisi sosial dan komunal yang tidak bersifat individu, yaitu dengan mengutamakan gotong royong.

Prabu Sri Baduga adalah peletak dasar toleransi, sehingga Siliwangi masuk ke berbagai kebudayaan. Dedi menggambarkan adanya orang India, China, Kamboja di negeri ini tak lepas dari perannya sehingga dapat hidup secara damai dengan prinsip pluralisme dan toleransi.

Sumber : www.merdeka.com

About Puspa Nirwana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com