Home / Kuliner / Peuyeum Ciruluk Subang

Peuyeum Ciruluk Subang

Sumber Foto : www.pusatwisata.com

Salah satu daerah yang memiliki peuyeum yang khas adalah kampung Ciruluk, kecamatan Kalijati. Kampung ini memang dikenal dengan kampung “peuyeum”. Bagaimana tidak, banyak penduduknya yang berkecimpung dalam usaha pembuatan peuyeum. Peyeum yang dibuat di kampung ini adalah peuyeum/tape ketan.

Salah satu pengrajin peuyeum di kampung tersebut adalah Lilis (40). Lilis mengaku tak tahu pasti sejak kapan warga kampungnya mulai membuat peuyeum. Ia sendiri mulai belajar membuat peuyeum sejak duduk dibangku SMP.

Menurut Lilis selain menerima pesanan dari warga yang hajatan, warga kampungnya juga banyak yang menjual peuyeum hingga ke luar Subang.

Ketika ditanya mengenai keistimewaan peuyeum Ciruluk dengan daerah lainnya, Lilis juga mengaku tidak tahu. Menurutnya cara pembuatannya sama saja dengan pembuatan peuyeum di daearah lain. Lilis mengatakan, mungkin yang membedakan daun pembungkusnya, kami menggunakan daun muncang (kemiri) sebagai pembungkus peuyeum.

Sementara di daerah lainnya peuyeum ketan di bungkus menggunakan daun pisang atau daun jambu air seperti peuyeum Kuningan. Daun kemiri inilah mungkin yang membuat citarasa peuyeum Ciruluk lebih khas.

Sumber : www.kotasubang.com

About Puspa Nirwana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com