Home / Kuliner / Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung

Berbicara soal kota Bandung tidak lengkap apabila kita membicarakan berbagai macam makanan khas kota Bandung. Memang dari setiap penjuru daerah Bandung terdapat berbagai macam makanan khasnya tersendiri, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas dan mengulas seputar makanan yang bernama Peuyeum Bandung atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan Tape.

Peuyeum Bandung memiliki 2 jenis yang berbeda bahan pembuatannya, jenis peuyeum yang pertama terbuat dari singkong, dan jenis ini mungkin jenis peuyeum yang sering kita temui. Kemudian jenis yang kedua, ada jenis peuyeum yang dibuat dari beras ketan yang telah di fermentasikan. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah jenis peuyeum yang terbuat dari bahan dasar singkong.

Peuyeum Bandung biasanya dijual dengan cara digantungkan di langit-langit depan warung sederhana di pinggiran jalan, ataupun kita bisa menemukan penjual peuyeum yang berkeliling. Namun memang tidak bisa di pungkiri, penjual peuyeum keliling untuk saat ini sudah jarang bisa kita temui, tapi kita masih bisa menemukan para penjual peuyeum di tempat penjualan oleh-oleh makanan khas Bandung.

Berdasarkan sejarahnya, daerah Bandung memang memiliki cuaca yang dingin karena di kelilingi oleh pegunungan. Terkait dengan hal tersebut, orang-orang Bandung jaman dulu memanfaatkan tanaman singkong yang banyak tumbuh di daerah Bandung untuk dibuat dan diolah menjadi bahan dasar pembuatan peuyeum, karena orang-orang Bandung jaman dulu yakin bahwa peuyeum dapat berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Khasiat peuyeum tersebut didapatkan dari hasil fermentasi.
Dan untuk kata peuyeum sendiri memang berasal dari bahasa Sunda, orang-orang Sunda sering menyebut peuyeum dengan sebutan peuyeum sampeu atau “tape singkong“. Untuk cara pembuatan peuyeum juga cukup mudah. Kita cukup mengukus singkong sampai matang, kemudian setelah singkong tersebut dingin kita cukup menutupinya dengan ragi dan di simpan di wadah yang tertutup, lalu tunggu 2 sampai 3 hari. Ragi tersebut digunakan untuk memfermentasikan segala macam karbohidrat salah satunya singkong yang akan berubah menjadi peuyeum. Dengan cara fermentasi tradisional tersebut, apabila telah selesai , maka peuyeum pun sudah bisa untuk kita konsumsi.
Peuyeum memang selalu di identikan dengan kota Bandung, begitupun sebaliknya kota Bandung selalu di identikan dengan peuyeum. Jadi tidak heran apabila para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, di saat musim liburan tiba dan berkunjung ke Bandung mereka selalu membeli panganan khas Bandung ini sebagai oleh-oleh para wisatawan untuk diberikan kepada kerabat, tetangga ataupun di konsumsi sendiri. Dan bukan hanya wisatawan saja yang menyukai peuyeum ini, para orang Bandung sendiri menjadikan peuyeum sebagai makanan ringan di saat sedang santai atau sekedar dijadikan buah tangan ketika sedang mengunjungi kerabat di luar kota Bandung.
Peuyeum sendiri tidak hanya berasal dari daerah Bandung saja, di daerah-daerah sekitar Jawa Barat lainnya, banyak yang membuat dan menjadikan peuyeum sebagai makanan khas mereka. Namun, tentu saja seperti yang tadi telah dikatakan, peuyeum memang selalu di identikan dengan kota Bandung, maka banyak orang atau wisatawan lebih mengenal peuyeum dengan sebutan Peuyeum Bandung.
Sumber : www.peuyemcimahi36.blogspot.co.id

About Puspa Baresi

Announcer, Producer, Digital Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com