Home / Digital / Norwegia Hentikan Siaran Radio FM

Norwegia Hentikan Siaran Radio FM

2347215ponsel-2780x390Norwegia menjadi negara pertama yang menghentikan sinyal radio FM terhitung mulai 11 Januari pukul 11.11 waktu setempat.

Pilihan ini diambil karena sistem baru, Digital Audio Broadcasting, yang lebih dikenal dengan singkatan DAB, memiliki kualitas suara yang jauh lebih jernih dengan biaya operasional yang lebih murah.

Jangkauan yang bisa dicapai sistem DAB juga lebih luas dibandingkan sinyal analog FM.
Namun langsung muncul kekhawatiran, terutama di kalangan warga usia lanjut dan para pemilik kendaraan yang tidak bisa langsung memasang peranti yang bisa menerima sinyal DAB.

Berdasarkan jajak pendapat yang diterbitkan harian Dagbladet, Desember lalu, 75 persen warga Norwegia menganggap keputusan pemerintah mematikan radio FM terlalu tergesa-gesa. Para pengkritik juga mengemukakan fakta bahwa banyak orang ‘yang terpaksa membeli peranti baru yang harganya bisa mencapai Rp 6,2 juta.

Alasan lain penolakan adalah orang ingin mendengarkan radio FM untuk nostalgia. Pemerintah Norwegia memasang target DAB akan menjadi standar siaran seluruh stasiun radio nasional pada akhir 2017.

Beberapa negara Eropa seperti Inggris dan Swiss juga mempertimbangkan untuk menghentikan siaran FM namun sejauh ini belum mengambil ‘langkah drastis’ seperti yang dilakukan Norwegia.

Sumber : www.tekno.kompas.com

About Puspa Nirwana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top