Home / Berita / Memperkuat Keterlibatan Ayah dalam Pendidikan dan Pengasuhan melalui PAMERAN FOTO “INI AYAH HEBATKU”

Memperkuat Keterlibatan Ayah dalam Pendidikan dan Pengasuhan melalui PAMERAN FOTO “INI AYAH HEBATKU”

Dalam rangka memperingati Hari Ayah Nasional, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bekerja sama dengan Bentara Budaya Jakarta dan Fotografer Senior Arbain Rambey menggelar Pameran Foto bertajuk “Ini Ayah Hebatku” di gedung Bentara Budaya Jakarta. Acara ini bertujuan untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat akan pentingnya keterlibatan sosok ayah dalam pendidikan dan pengasuhan anak.
“Kementerian PPPA menyambut baik terselenggaranya Pameran Foto “Ini Ayah Hebatku”, kami berharap sosok ayah dapat memiliki peran yang lebih besar dalam praktek pengasuhan agar tumbuh kembang anak lebih optimal dan hak – hak anak dapat terpenuhi demi terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) di tahun 2030.” Ujar Deputi Tumbuh Kembang Anak, Lenny N. Rosalin dalam sambutannya.
Pendidikan dan pengasuhan anak bukan hanya tanggungjawab seorang ibu namun juga menjadi bagian dari peran penting ayah dalam kehidupan anak. Peran aktif ayah sebagai figur dunia luar dalam pendidikan dan pengasuhan anak memberikan dampak yang signifikan pada perkembangan emosi anak, bahkan ikut menentukan masa depan mereka. Namun kesadaran akan peran penting ayah dalam pengasuhan anak di Indonesia masih terbatas. Di berbagai pelosok negeri ini, masih banyak para ayah yang berperan hanya sebatas pencari nafkah, hanya hadir untuk anak-anaknya secara fisik, namun tidak mengisi jiwa mereka.
“Pameran ini merupakan refleksi bahasa cinta ayah kepada anak-anaknya. Ada masa ketika anak memang akan lebih banyak membutuhkan ayah dalam menumbuhkan dan membentuk keberanian, percaya diri, ketegasan, peduli, disiplin hingga melatih bagaimana menghargai satu sama lain baik dalam keluarga, pertemanan dan bersosialisasi di lingkungan masyarakat. Sesungguhnya, ayah memang berperan lebih dari sekadar pencari nafkah.” tutur pendiri Lembaga Ayah, Irwan Rinaldi.
“Ada 9 nilai pengasuhan yang menentukan peran penting seorang ayah yaitu dalam proses perkembangan anak, dalam membentuk ketrampilan dan hubungan sosial anak, dalam menjaga kesehatan mental dan harga diri anak, dalam memerangi rokok, alkohol minuman keras, dalam Keterlibatan dan kinerja sekolah anak, dalam mencegah dan menangani bullying, dalam menjaga perilaku seksual remaja, dalam mencegah Perilaku menyimpang, serta dalam menjaga anak dari kelebihan berat badan (obesitas) dengan melakukan aktivitas fisik. Dengan pengasuhan ayah yang optimal, tentu akan mendapatkan pengembangan kehidupan baik fisik, spiritual, mental, sosial dan moral yang baik pada anak. Begitu besar peran ayah dalam menyokong tumbuh kembang anak, mari berkomitmen bersama untuk berperan aktif dan memberikan yang terbaik dalam pendidikan dan pengasuhan anak,” tutup Lenny.
Sumber : PUBLIKASI DAN MEDIA KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN  PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

About Puspa Baresi

Announcer, Producer, Digital Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com