Home / Budaya / Makam Mbah Buyut Gelok

Makam Mbah Buyut Gelok

Sumber Foto : www.rakyatsubang.blogspot.co.id

Kabupaten Subang, selain secara geografis berpotensi sebagai daerah wisata alam, dari hasil penelitaian ditemukan juga daerah-daerah di kabupaten Subang sebagai tempat yang bernilai bersejarah warisan yang merupakan warisan dari leluhur. Makam Embah Buyut Gelok, adalah salah satu tempat yang disinyalir menjadi tempat bersejarah yang ada di wilayah kabupaten Subang.

Sebagai tempat yang diyakini sebagai tempat bernilai sejarah, Makam yang terletak di kampong Cipicung, desa Kosambi, kecamatan Cipunegara tersebut tidak pernah sepi dari warga yang ingin berta’ziah dalam setiap harinya. Kunjungan warga untuk berta’ziah ke tempat yang berjarak sekitar 6 KM dari Statiun Pagaden baru itu, akan mencapai puncaknya pada hari-hari tertentu, yang dinilai sakral.

“Setiap harinya, rata-rata masyarakat yang ber ta’ziah dikisaran 50 orang. Volume kunjungan akan mengalami peningkatan drastis ketika masuk malam jum’at kliwon. Jumlah warga yang ta’ziah bisa mencapai angka ribuan,’kata Juru pelihara Makam Embah Buyut Gelok, Endang Khoiruddin.

Setiap kali menjelang hari jum’at kliwon, nampak masyarakat yang hendak melakukan ta’ziah ke makam Embah Buyut GElok tersebut, sudah mulai menginjakkan kakinya di makam yang terletak di sekitar pesawahan itu, H-3.

Warga yang melakukan kunjungan ke makam tersebut, tidak hanya sebatas dari warga sekitar kabupaten Subang. Bahkan, sebagian besar warga yang datang berasal dari daerah luar kabupaten Subang.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar warga yang ta’ziah berasal dari kalangan perempuan, dari latar belakang yang bervariasi.

Tidak cukup waktu selama 5 jam untuk menggali informasi apa saja yang tersimpan di dalam makam yang didalamnya juga bersemayam seorang sosok putri yang konon pernah dijadikan rebutan oleh segenap pangeran dari seluruh kerajaan di nusantara ini.

Sumber : www.kompasiana.com

About Puspa Baresi

Announcer, Producer, Digital Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com