Home / Kuliner / Kue Epok Epok Khas Batam

Kue Epok Epok Khas Batam

pastelSelama ini penganan epok-epok identik dengan makanan kampung.Sebuah penganan yang biasa dibuat kaum ibu sebagai makanan kecil dalam keluarga,acara arisan atau di jual di kedai-kedai penitipan kue.Rasa kue yang berbahan dasar tepung ini biasanya tergantung pada isinya yang umumnya rasa keledek dan abon ikan manis atau pedas.

Cita rasa epok-epok khususnya di daerah Melayu yang selalu terkesan jalan di tempat sejak dulu hingga sekarang, membuat penganan itu hanya dipandang sebagai makanan biasa saja.

Secara umum, kue ini dikenal dengan nama kue pastel, kalau bahasa inggrisnya curry puff, kalo di Batam disebut epok – epok.

Kue pastel/epok epok ini, pada kulit luar nya renyah terus di dalam nya ada isi, isi tergantung selera pembuatnya, ada yang isi ayam,kentang, ubi, daging sapi, sayur, sarden, dan lain lain. Kue pastel juga enak disajikan dengan saus sambal atau saus kacang, pake mayonais juga enak.

Nah kali ini, buat pembaca yang ingin mencoba membuatnya dirumah, gampang kok….

Ini dia resepnya :

Pastel Isi Sayuran

Bahan Kulit:
250 gr tepung terigu
1 butir telur, kocok lepas
40 gr margarin
60 ml air
½ sdt garam halus
minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
200 gr daging ayam, cincang kasar
60 gr wortel, potong dadu kecil
60 g kacang polong
1 batang daun bawang, iris halus
3 sdm kecap manis
3 siung bawang putih, haluskan
3 siung bawang merah, haluskan
½ sdt garam halus
½ sdt lada halus
3 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat:
1. Isi: panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna. Tambahkan wortel, kacang polong, daun bawang dan bumbu lainnya. Masak sambil diaduk hingga semua bahan matang. Angkat, dinginkan.
2. Kulit: Campur tepung terigu, telur, margarin dan garam. Aduk rata. Tambahkan air, uleni sebentar hingga terbentuk adonan yang bisa digiling.
3. Giling adonan hingga ketebalan ¼ cm dengan diameter 10 cm. Ambil satu lembar kulit yang telah dibentuk. Masukkan satu sendok makan bahan isi. Lipat dan wiru pada bagian tepinya. Lakukan hingga adonan habis.
4. Panaskan minyak, goreng pastel dengan api sedang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, sajikan hangat.
Untuk ± 15 buah

Sumber : www.berita-ina.blogspot.co.id | www.izzatijannah.wordpress.com

About Puspa Nirwana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top