Home / Budaya / Kesenian Berokan

Kesenian Berokan

Kesenian Berokan di Kabupaten Cirebon yang hampir punah, diperlukan upaya untuk mempertahankan seni tradisi tersebut agar tetap bertahan di tengah-tengah seni modern yang berkembang dalam masyarakat.

Kesenian Berokan di Kabupaten Cirebon merupakan kesenian tradisional yang diwariskan secara turun-temurun. Kesenian Berokan dalam perkembangannya mengalami pergeseran fungsi, pementasan kesenian Berokan yang dulu digunakan dalam sebagai upacara ritual dan media penyebaran agama Islam kini hanya bersifat hiburan yang dalam hal ini erat kaitannya dengan nilai ekonomis. Selain itu, aturan seni dalam pertunjukan kesenian Berokan mulai tidak diperhatikan lagi, misalnya lagu atau waditra yang digunakan telah disesuaikan dengan selera masyarakat masa kini.

Dalam perkembangannya kesenian Berokan mengalami kemunduran, hal tersebut tidak terlepas dari berkurangnya permintaan untuk melakukan pementasan. Sebagian masyarakat seleranya mulai beralih pada seni modern. Sementara itu, kurangnya dukungan dari pemerintah setempat dalam melestarikan kesenian Berokan adalah faktor penghambat lain yang menyebabkan mundurnya kesenian Berokan.

Upaya yang dilakukan oleh seniman dalam melestarikan kesenian Berokan yaitu dengan mengajarkan kesenian Berokan pada keluarganya, mengkombinasikan kesenian Berokan dengan kesenian lain, memasukan lagu-lagu modern pada saat pertunjukan. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Cirebon dalam melestarikan kesenian Berokan yaitu dengan cara mengadakan pembinaan terhadap seniman Berokan yang dilaksanakan setahun sekali.

Sumber : www.facebook.com

About Puspa Baresi

Announcer, Producer, Digital Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com