Home / Berita / Jakarta Masih Rawan Kasus Kekerasan Anak

Jakarta Masih Rawan Kasus Kekerasan Anak

komnas-pa-jakarta-masih-rawan-kasus-kekerasan-anak-jHCKomnas Perlindungan Anak menyebut kekerasan terhadap anak masih rawan terjadi di Jakarta. Kawasan pinggiran Ibu Kota menjadi titik paling sering mendapatkan kekerasan anak.

Sekjen Komnas PA Dhanang Sasongko mengatakan, bentuk kekerasan yang kerap dialami anak-anak di antaranya, kekerasan seksual hingga psikis. Meskipun Pemprov DKI Jakarta telah membangun  Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di sejumlah titik. Namun keberadaan RPTRA ini masih belum maksimal.

Dhanang menuturkan,  RPTRA memang menjadi ruang yang menyediakan tempat bermain anak, namun untuk memberdayakan dan mengawasi anak, RPTRA belum bisa dilakukan.

Komnas PA tak menampik saat ini kekerasan terhadap anak di Jakarta menjadi tahap mengkhawatirkan. Lemahnya pengawasan yang dilakukan orang tua serta peran serta aparat kepolisian belum dilakukan maksimal membuat predator anak menjamur. Beberapa diantaranya bahkan menjadikan RPTRA menjadi tempat untuk mencari korban.

Menyikapi tingginya kekerasan terhadap anak, Wahana Visi Indonesia (MVI) langsung melakukan perubahan. Kawasan RPTRA tak hanya menjadi tempat untuk tempat bermain anak, melainkan sarana mengedukasi dan memberi pembekalan agar kekerasan tak terjadi. Kondisi ini terlihat saat deklarasi serta penandatanganan MoU Jakarta Kota Ramah Anak di kawasan RPTRA Penjaringan Indah, Penjaringan, Jakarta Utara, beberapa waktu yang lalu.

Dalam deklarasi itu, terdapat pula beberapa tempat yakni Pos Curhat, peluncuran Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), dan peluncuran Youth Centre for Entrepreneurship (YTC).

Sumber : www.metro.sindonews.com

About Puspa Baresi

Announcer, Producer, Digital Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com