Home / Kuliner / Emping Menes Oleh-oleh Wajib dari Pandeglang

Emping Menes Oleh-oleh Wajib dari Pandeglang

bBfe5QmJaH1455185993Di Pandeglang, Banten, banyak makanan khas yang bisa menjadi oleh-oleh saat Anda berkunjung atau berwisata ke sana, salah satunya emping menes. Emping menes merupakan makanan tradisional olahan buah melinjo.

Nama “emping menes” diambil ari “emping” atau kerupuk, dan “menes” yaitu nama Kecamatan Menes. Pandeglang merupakan salah satu sentra penghasil emping. Pohon melinjo banyak hampir di seluruh wilayah Pandeglang. Sedangkan Kecamatan Menes terkenal sebagai sentra pembuatan emping.

Emping menes atau kerupuk melinjo merupakan makanan ringan yang mudah dibikin. Melinjo matang hanya disangrai hingga bagian dalam matang. Lalu melinjo sangraian ini ditumbuk hingga bagian kulit keras melinjo terkelupas. Melinjo matang ditumbuk kembali hingga pipih berbentuk kerupuk. Besaran emping ini sesuai selera bisa terdiri dari beberapa biji melinjo matang tergantung besaran emping yang diinginkan.

Emping-emping yang baru dibuat harus jemur terlebih dahulu agar kadar air dalam melinjo hilang. Emping yang dijemur kering juga membuat lebih tahan lama. Emping yang banyak dijual terdiri dari emping mentah dan emping matang sudah digoreng. Emping menes dipasarkan ke daerah-daerah lain, di antaranya ke Jakarta dan sekitarnya.

Ada nama lain untuk emping. Penduduk setempat biasa menyebutnya sebagai keceprek. Keceprek sama saja merupakan olehan melinjo, namun tidak dibentuk pipih tapi lebih bulat sehingga terasa lebih keras jika sudah digoreng. Keceprek ini yang biasanya menjadi emping olahan dengan beragam rasa. Anda bisa memilih keceprek dengan beragam rasa, balado, atau rasa pedas lain yang disediakan.

Sebenarnya, ada tempat penjualan emping di Pandeglang. Namun, Kecamatan Menes merupakan sentra pembuatannya sehingga lebih banyak dikenal. Buah-buah melinjo dari berbagai daerah di Pandeglang juga dipasok ke kawasan pendidikan ini. Para petani melinjo biasanya menjual melinjo-melinjo mentah ke pasar-pasar untuk dioleh di sentra-sentra emping. Di Pandeglang, jual-beli buah melinjo sangat hidup sehingga para pembuat emping tidak pernah kekurangan pasokan.

Sumber : www.merahputih.com

About Puspa Nirwana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com