Home / Budaya / Curug Cipurut

Curug Cipurut

cipurutCurug Cipurut , Curug Atau Air Terjun Ini Berada di Desa Wanayasa , Kecamatan Wanayasa , Kabupaten Purwakarta . Lokasinya Tidak Jauh Dari Situ Wanayasa Tepatnya Berada Di Kawasan Hutan Lindung Kaki Gunung Burangrang .
Untuk Menuju Ke Curug Cipurut Ini Anda Bisa Mengambil Rute Dari Arah Purwakarta Kota Menuju Situ Wanayasa , Kemudian Menyusuri Jalan Desa Sumurugul. Perjalanan Dapat Di Tempuh Dengan Menggunakan Kendaraan Bermotor Roda Dua Hingga Roda Empat Dari Jalan Desa Sampai Pintu Masuk.  Setelah Itu Perjalanan dapat Di Lanjutkan Dengan Berjalan Kaki Sejauh Kurang Lebih 1km . Untuk Anda Yang Membawa Kendaraan Pribadi , Kendaraan Anda  Bisa Anda Titipkan Di Halaman Rumah Warga Yang Banyak Menyediakan Jasa Penitipan Kendaraan .
Pemandangan Gunung Burangrang Serta Hamparan Perkebunan Teh Yang Indah Akan Menemani Perjalanan Anda Sampai Dengan Tempat Tujuan . Tentunya Lelah Selama Berjalan Kaki Menuju Curug Akan Terbayar Lunas Dengan Keramahan Alam Yang Akan Anda Terima Saat Tiba Di Lokasi.
WhiteThigh Surili04_WUntuk Memasuki Lokasi Curug Cipurut Anda Tidak Di Kenakan  Patokan Harga Tiket Masuk . PAMHUT Swakarsa Selaku Pengelola Curug Hanya Memberlakukan Uang Kebersihan Se-ikhlasnya Kepada Para Pengunjung . Itu pun Untuk Kepentingan Menjaga Kebersihan Kawasan Curug Cipurut Dari Kemungkinan Sampah Yang Tertinggal . Ya , Saat ini , curug tersebut masih Di Kelola Secara Swadaya Oleh Masyarakat Setempat Yang Menamakan Diri Sebagai PAMHUT Swakarsa Yang Bermitra Dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Purwakarta .
Nah untuk sejarahnya sendiri , Tidak Ada Yang Tahu Pasti Kapan Curug Ini Di Temukan , Akan Tetapi Curug Ini Telah Di Kenal Dan Di Manfaatkan Oleh Masyarakat Luas Sejak Dahulu . Tidak hanya masyarakat Purwakarta , Bahkan Warga Karawang dan sekitarnya konon sering sengaja mengunjungi Curug ini untuk merasakan kesegaran airnya.

Beberapa Sumber Menyatakan Bahwa Di Wilayah Gunung Burangrang Di Sekitar Curug Cipurut Ini  Terdapat Hewan Endemik Yang Bernama Surili . Hewan Ini Di Katakan Mirip Dengan Seekor Monyet Kecil Berbulu Putih  Yang Suka Tertawa Dengan Suara Nyaring . Itulah Kenapa Masyarakat Setempat Menyebut Hewan Tersebut Dengan Sebutan Surili Plesetan Dari Kata Seuri  Dalam Bahasa Sunda Artinya Tertawa .

Sumber : www.marlinalina2709.blogspot.co.id

About Puspa Nirwana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com