Home / Wisata / CURUG CIPEUREU DAWUAN SUBANG

CURUG CIPEUREU DAWUAN SUBANG

Curug Cipeureu adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Subang. Dalam bahasa sunda Curug Peureu berarti “Air terjun yang memiliki kandungan zat seperti karat”. Konon bahwa material besi yang terkena air dari air terjun ini akan dengan mudah menjadi berkarat. Selain dikenal dengan sebutan Curug Cipeureu, ternyata air terjun ini memiliki nama lain, yaitu Curug Kembar dan Curug Dawuan.

Dinamakan Curug Kembar adalah karena pada zaman dahulu air terjun ini memiliki kembaran, yaitu aliran lainnya yang serupa dan berada disebelahnya. Dikarenakan disekitar Subang telah banyak pembangunan, maka lambat laun aliran sungai yang menjadi sumber dari air terjun ini semakin lama semakin mengecil debit airnya, sehingga aliran air yang dahulu besar dan bercabang, kini hanya menyisakan satu aliran air yang menjadi aliran Curug Cipeureu ini. Sisa dari bekas Curug Kembar itu masih bisa kita lihat saat ini, disamping Curug Cipeureu ini terdapat tebing yang terkikis oleh air dan tak ditumbuhi oleh rumput atau pepohonan.

Nama lain dari air terjun ini adalah Curug Dawuan. Dinamakan Curug Dawuan karena air terjun ini berada di Kampung Dawuan. Tak hanya kampung dan air terjun ini saja yang bernama Dawuan. Perkebunan teh ditempat ini juga bernama Perkebunan Teh Dawuan. Dan masyakarat sekitar tempat ini lebih mengenal air terjun ini sebagai Curug Dawuan ketimbang Curug Cipeureu.

Air terjun ini sangat unik karena letaknya yang sangat rahasia. Air terjun ini berada tersembunyi ditengah hijaunya perkebunan teh Subang. Tak ada yang mengira bahwa dibalik luasnya Kebun Teh Dawuan Subang ternyata tersimpan dinginnya air dari Curug Cipeureu ini.

Dibalik keunikan dari air terjun ini yang letaknya yang sangat rahasia, ternyata Curug Cipeureu menyimpan sebuah cerita mitos yang dipercaya oleh sebagian masyarakat yang ada di daerah ini. Konon ditempat ini ketika malam hari sering terlihat penampakan wanita cantik dengan pakaian kuno ala kerajaan lengkap dengan mahkotanya yang berkilau. Beberapa masyarakat percaya bahwa sosok wanita tersebut adalah putri dari kerajaan yang dulu sempat berdiri di tanah pasundan yang kemudian diasingkan ditempat ini. Masyarakat pun percaya bahwa sosok wanita tersebut kini menjadi penunggu yang menjaga air terjun ini.

Curug Cipeureu ini berlokasi di Kampung Dawuan, Desa Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Sumber : www.ridwanderful.com

About Puspa Baresi

Announcer, Producer, Digital Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com