Home / Tips / Cara Membersihkan Karpet

Cara Membersihkan Karpet

karpet2Seperti dikutip dari Times of India, ini cara-cara tepat dan mudah merawat serta menjaga kebersihan karpet di rumah.

1. Penempatan Karpet
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Artinya, untuk menghindari karpet terpapar oleh banyak kuman sebaiknya tempatkan di bagian rumah yang jarang dilewati orang. Hindari memasang karpet di tempat yang biasa dijadikan tempat semua aktivitas dilakukan.

2. Jangan Injak dengan Sepatu
Jangan menginjak atau berjalan di atas karpet apabila kita masih mengenakan sepatu atau sandal. Bagian bawah alas kaki kotor dan membuat kuman menempel dan mengendap dalam waktu lama.

3. Membersihkan Noda
Jangan gosok noda pada karpet karena hanya akan membuat noda menyebar lebih lebar dan merusak bahannya. Kamu bisa membersihkan noda dengan mesin steamer. Namun cara ini hanya berlaku pada noda baru. Untuk noda lama, satu-satunya cara menghilangkannya dengan membersihkannya di laundry.

4. Cuci Secara Rutin
Cucilah karpet secara rutin, minimal dua kali setahun. Mencuci karpet saat musim panas lebih dianjurkan, karena sinar matahari akan mengeringkan karpet lebih sempurna. Karpet yang lembab akan menjadi tempat favorit bersarangnya bakteri.

5. Pertolongan Pertama pada Noda Karpet
Saat minuman atau makanan tumpah dan mengenai karpet, segera bersihkan agar tidak terlanjur jadi noda membandel. Kamu bisa menggunakan bahan alami seperti jus lemon, air garam atau air yang dicampur cuka untuk menghilangkannya.

6. Formula Lembut
Selalu gunakan cairan pembersih alami atau yang formulanya lembut agar karpet tidak rusak.

7. Vakum
Untuk perawatan harian, bersihkan karpet menggunakan vacum cleaner.

Sumber : www.wolipop.detik.com

About Puspa Nirwana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com