Home / Kuliner / Bir Pletok

Bir Pletok

Bir pletok adalah minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman tradisional ini dikenal di kalangan etnis Betawi. Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas.

Walaupun mengandung kata bir, tapi bir pletok tidak mengandung alkohol. Minuman ini berkhasiat untuk memperlancar pedaran darah. Masyarakat Betawi banyak mengonsumsinya pada malam hari sebagai penghangat.

Indra Sutisna selaku pakar masyarakat Betawi mengatakan, arti pletok yang menjadi nama belakang minuman khas Betawi ini terdapat tiga versi.

Versi pertama dibuat dari bambu, tempatnya ditutup dan dituangkan bunyi pletok. Versi kedua ada juga diminum, taruh di teko, dicampur es, teko bahannya kan dari alumunium. Nah, terus dikocok dan bunyilah pletok. Sementara versi ketiga, ada buah secang, buahnya kalau tua warnanya hitam, dibuang bijinya dan dipukul sehingga menjadi bir pletok. Ini murni dari rempah-rempah.

Dalam mengolah bir pletok, Indra menjelaskan butuh waktu yang lama. Karena proses rempah-rempah harus dibuat dengan cara sederhana serta alami.

Lebih lanjut, dirinya mengakui bila minuman bir pletok sudah merambah ke beberapa bagian daerah Betawi. Meskipun cara pengolahannya masih bersifat industri rumahan.

Sumber : www.id.wikipedia.org

About Puspa Baresi

Announcer, Producer, Digital Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com