Home / Budaya / Air Ajaib di Compreng

Air Ajaib di Compreng

buyut-badong-air-ajaib-compreng-3Sudah lebih dari sebulan areal pesawahan yang berada di tapal batas Subang dan Indramayu tepatnya di desa Kalensari, Kecamatan Compreng ramai dikunjungi warga. Pasalnya di sana terdapat fenomena yang menurut warga sekitar “aneh” karena tidak pernah terjadi sebelumnya. Fenomena tersebut adalah munculnya air mancur jernih dan tawar di sisi sungai Badong.

Ade salah satu warga Compreng mengatakan, “disini ga ada sumber air seperti ini, kalau di daerah selatan Subang mungkin biasa hal seperti ini, tapi kalau di sini sepertinya baru ini, padahal di sini ga ada saluran air seperti PDAM, lagi pula kalau buat sumur warga sini harus menggali sampai 20 meter, jadi ya aneh”.

Menurut Sarnedi  yang kini menjadi penjaga sumber air tersebut sebenarnya sumber air tersebut sudah lama diketahui oleh Taram pemilik sawah yang berada di seberang kali Badong, namun kemudian menjadi bahan perbincangan dari mulut ke mulut setelah seorang penggembala bebek dari Indramayu memanfakan air tersebut setelah diberitahu oleh Taram.

Kini sumber air tersebut dikelola oleh warga Desa Kalensari, karena letaknya yang berdekatan dengan pemakaman Badong, maka sumber air tersebut dinamakan Buyut Badong Jaya sama halnya dengan sungai yang mengalir di sana yang juga dikenal dengan nama kali Badong.

Sumber : www.kotasubang.com

About Puspa Nirwana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com