Home / ABOUT ME

ABOUT ME

ETNIKOM HOLD

ETNIKOM lahir dari kebesaran BENS RADIO 106.2 FM yang lahir pada 5 Maret 1990, sebagai Radio Betawi yang merupakan salah satu warisan Artis dan Budayawan Nasional, H. BENYAMIN SUEB. Kelahiran BENS RADIO adalah representasi dan visualisasi artis serba bisa BENYAMIN S, dalam bentuk media radio. Kehadiran BENS RADIO mendapat animo di masyarakat Jabodetabek, dimana terbukti hanya butuh waktu beberapa tahun, BENS RADIO berhasil menduduki peringkat pertama sebagai radio dengan terbanyak se-Jabodetabek (versi beberapa lembaga survey).

Keberhasilan BENS RADIO dengan format etnik Betawi, menjadi inspirasi H. Biem Triani Benjamin, BSc., MM., sebagai pemimpin perusahaan yang juga merupakan putra ketiga Benyamin S, untuk mengembangkan jaringan radio etnik ke beberapa daerah. Dimana pada tahun 1994, BENS RADIO mengembangkan diri dengan membangun RADIO KRAKATAU di daerah Labuan Pandeglang Banten.

Menyadari pentingnya membangun jaringan dalam memperkuat peran dan eksistensi BENS RADIO, maka pada tanggal 13 Maret 2000, diresmikan Holding Company ETNIKOM sebagai Jaringan Radio Etnik Pertama dan satu-satunya di Indonesia, dimana pada saat itu baru memiliki 6 stasiun radio, yaitu :

  1. BENS RADIO 92.85 FM Jakarta
  2. RADIO KRAKATAU 93.7 FM Labuan Banten
  3. RADIO ADS 972 AM Cikampek Jawa Barat
  4. RADIO GSP 612  AM Pamanukan Jawa Barat
  5. RADIO LEAN PURI 103.1 FM Baturaja OKU Sumatera Selatan
  6. RADIO MITRA JAYA 774 AM Tugu Mulyo OKI Sumatera Selatan

Dalam perkembangannya, ETNIKOM memantapkan diri sebagai Jaringan Radio Etnik yang bertujuan menggali potensi budaya lokal agar audience dapat merasakan budayanya sendiri, berkesenian dengan tradisinya sendiri bertutur dan berdialog dengan bahasanya sendiri. Budaya berorientasi pada, bagaimana budaya itu dibentuk dan dikembangkan dari masa lalu sekarang dan yang akan datang.

ETNIKOM memiliki filosopi SeBUT yang memiliki dua makna, yaitu sebagai arah mata angin (Selatan, Barat, Utara dan Timur) dimana dalam pemahaman ini ETNIKOM adalah penunjuk arah budaya lokal sebagai jati diri bangsa. Makna kedua SeBUT adalah Service, Balance, Unique dan Teamwork yang diartikan sebagai filosopi perusahaan yang memberikan Service (pelayanan) yang Balance (seimbang antara audience dan pemasang iklan), Unique (memiliki keunikan program karena berbasiskan etnik yang penuh kreatifitas) dan Teamwork (dikerjakan secara bersama-sama dalam tim).

Melengkapi keragaman sebagai Jaringan Radio Etnik pertama dan satu-satunya di Indonesia, sampai dengan tahun 2009 ETNIKOM berhasil mengembangkan sayap menjadi 13 stasiun radio etnik, dengan menyeragamkan nama radio, yaitu :

  1. BENS RADIO 106.2 FM Jakarta
  2. ADS RADIO 96.9 FM Cikampek Jawa Barat
  3. GSP RADIO 106 FM Pamanukan Jawa Barat
  4. CIREBON RADIO 89.2 FM Cirebon Jawa Barat
  5. BANDUNG RADIO 95.2 FM Bandung Jawa Barat
  6. PASUNDAN RADIO 96.2 FM Cianjur Jawa Barat
  7. KRAKATAU RADIO 93.7 FM Labuan Banten
  8. BANTEN RADIO 95.3 FM Cilegon Banten
  9. SERANG RADIO 89.8 FM Serang Banten
  10. SRIWIJAYA RADIO 94.3 FM Palembang Sumatera Selatan
  11. BATURAJA RADIO 103.1 FM Baturaja OKU Sumatera Selatan (Eks. Radio Lean Puri)
  12. KAYUAGUNG RADIO 90.4 FM Kayuagung OKI Sumatera Selatan (Eks. Radio Mitra Jaya)
  13. SERUMPUN RADIO 91.7 FM Batam Kepulauan Riau

Inovasi dan kreatifitas terus dilakukan oleh ETNIKOM dengan memantapkan perannya sebagai Jaringan Etnik pertama di Indonesia dimana pada tahun 2013 melakukan pembenahan dan pengembangan, sehingga ETNIKOM menjadi Jarigan Media Etnik Indonesia yang merupakan holding company Perusahan jaringan media berbasiskan etnik yang bergerak dalam industri penyiaran, digital, event dan periklanan.

Visi :

Mengembangkan etnik LOKAL yang berwawasan GLOBAL dalam pendekatan budaya masa lalu, sekarang dan yang akan datang.

Misi :

  1. Menjadi perusahaan media berbasiskan etnik yang bergerak dalam industri penyiaran, digital, event dan periklanan yang sehat dan berkembang
  2. Menjadi perusahaan media nasional yang memiliki jaringan di seluruh Indonesia
  3. Menjadi basis pengembangan budaya lokal yang berwawasan global di setiap daerah di Indonesia

Eksistensi ETNIKOM sebagai Jaringan Media Etnik Indonesia, membangun kemitraan dengan beberapa radio di kota-kota besar di Indonesia sebagai mitra afiliasi ETNIKOM, yaitu :

  1. ARMA SEBELAS RADIO 87.9 FM Jogjakarta,
  2. BOM RADIO 106.8 FM Semarang
  3. MTB RADIO 102.7 FM Surabaya,
  4. ZIP RADIO 93.9 FM Makassar
  5. INDRALAYA RADIO 100.4 FM Ogan Ilir
  6. ISTANA RADIO 99.9 FM Medan,
  7. MADINA RADIO 90 FM Pontianak,
  8. CHANDRA RADIO 88.5 FM Banjarmasin

Sering dengan perkembangan dan trend media, pada tahun 2015 ETNIKOM kembali mempersiapkan pembangunan radio yang berbasiskan digital yang merupakan pengembangan generasi Radio 3.0 dengan tetap mengusung program etnik sebagaima yang telah dicanangkan sejak awal didirikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com