Home / Berita / 1.922 Embung Bakal Dibangun untuk Dukung Ketahanan Pangan

1.922 Embung Bakal Dibangun untuk Dukung Ketahanan Pangan

87539459-29d0-46bb-bf9a-a0f4327dab32Untuk mencapai ketahanan air dan kedaulatan pangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana air. Penyediaan sarana dan prasarana air tersebut merupakan program prioritas.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan, puluhan embung sedang dalam proses pembangunan dan akan diselesaikan tahun ini.

Prioritas pada tahun 2017, Kementerian PUPR akan membangun sembilan bendungan baru, jaringan irigasi baru seluas 84.000 hektar, rehabilitasi jaringan irigasi seluas 323.000 hektar, pembangunan 90 embung, pembangunan sarana dan prasarana pengendali banjir sepanjang 154 kilometer, serta pembangunan atau peningkatan sarana dan prasarana pengelolaan air baku.

Embung merupakan bangunan konservasi air berbentuk kolam untuk menampung air hujan dan air limpahan atau air rembesan sebagai salah satu upaya untuk menanggulangi kekurangan air ketika musim kemarau.

Pembangunan embung terus dilakukan karena dapat memberikan manfaat yang sangat besar dengan biaya pembangunan yang relatif murah jika dibandingkan dengan pembangunan bendungan.

Sumber : www.detik.com

About Puspa Nirwana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com